September, Rindu dan Kamu

Besok september kan berlalu

Menguap bersama kenangan yg ada

Sudah cukup lama ku tak bertemu denganmu

Hanya bayang yg tersisa di setiap malam meyapa
Akan kukenang bulan september

Hulu dari sebuah Duka

Aku tahu selembar tangis pernah terpecah

Dalam kesendirian karena sesak kerinduan
Akan kukenang bulan september

Ketika ia tiba semua rasa sakit ia undang kembali datang.

Menembus hati yg dalam

Yang memberi coretan mengiris kalbu
September bukan hanya sebuah bulan tanda Hujan kan datang

tapi tanda setiap kenangan yang aku kubur menyeruak ke permukaan.

Kenangan ini lebih dari sebuah cerita yg tertuang dalam rasa

Haru yang Menemani perjalanan hidup
@u_azmii

Advertisements

How jurnaling can help you

Hiy guys today I gonna share imformation about How Journaling Can help you, sounds like strange and impposibel. But I am gonna share what I found on Some Articls about benefit of Journaling

Lets get started

“Writing in a journal reminds you of your goals and of your learning in life. It offers a place where you can hold a deliberate, thoughtful conversation with yourself.”– Robin S. Sharma

When you were a teenager, you might have kept a diary hidden beneath your mattress. It became your confidant and a place to confess your struggles and fears without judgment or punishment. It probably felt good to get all of those thoughts and emotions out of your head and down on paper. The world seemed clearer.
Although you may have ditched the diary once you reached adulthood, the concept and its benefits still apply. Now it’s called journaling. It’s simply writing down your thoughts and feelings to understand them more clearly. And if you struggle with stress, depression, or anxiety, keeping a journal can help you gain control of your emotions and improve your mental health.
The Scientific Research on Journal/Writing Therapy
There is a ton of evidence out there on the outcomes of journal writing therapy, and overall this evidence points to its effectiveness in helping people identify and accept their emotions, manage their stress, and ease the symptoms of mental illness.
It has even been shown to impact physical well-being; avid journal writer and journalist Michael Grothaus notes that there are studies suggesting journaling can strengthen the immune system, drop blood pressure, help you sleep better, and generally keep you healthier (2015).
There are also other, more specific benefits for people struggling with a wide range of issues.

Can Journaling Help Manage Depression?

Yes! Journaling has been shown to be effective in helping people manage their depressive symptoms. Journaling is no substitute for professional guidance when the depression is particularly severe, but it can complement other forms of treatment or act as a stand-alone symptom management tool for those with mild depression.
Here’s just a sampling of the evidence for journaling’s effectiveness in managing depression:

Expressive writing can reduce symptoms of depression in women who are struggling with the aftermath of intimate partner violence (Koopman, Ismailji, Holmes, Classen, Palesh, & Wales, 2005).

Writing in a journal may also be as effective as cognitive behavioral therapy (CBT) for reducing symptoms of depression in high-risk adolescents (Stice, Burton, Bearman, & Rohde, 2006).

Expressive journaling may not reduce the frequency of intrusive thoughts in depressed individuals, but it moderates their impact on depressive symptoms, leading to a reduction in symptoms (Lepore, 1997).

Journaling can help college students who are vulnerable to depression reduce their brooding and rumination, two contributing factors of depressive symptoms (Gortner, Rude, & Pennebacker, 2006).
In general, people diagnosed with Major Depressive Disorder reported significantly lower depression scores after three days of expressive writing, 20 minutes per day (Krpan, Kross, Berman, Deldin, Askren, & Jonides, 2013).

 Overall, the benefits of journaling and expressive writing for those suffering from depression are pretty clear: it gives them the opportunity to release pent-up negative emotions, keeps them in a more positive frame of mind, and helps them build a buffer between their negative thoughts and their sense of well-being.
11 Benefits of Journaling for Anxiety

Journaling can also help people suffering from anxiety disorders. Like depression, the positive outcomes are well-documented for this purpose. In fact, compared to many other aims when journaling, it is extremely well-suited to helping you deal with anxiety.
Why is it so beneficial for anxiety?
According to psychologist Barbara Markway,

“There’s simply no better way to learn about your thought processes than to write them down.”

She notes that to address our problematic thought patterns, we first have to actually know what they are! Journaling is instrumental in helping us identify our negative automatic self-talk and get to the root of our anxiety.

Writing in a journal can positively impact your anxiety through:

  • Calming and clearing your mind.
  • Releasing pent-up feelings and everyday stress.
  • Letting go of negative thoughts.
  • Exploring your experiences with anxiety.
  • Writing about your struggles and your successes.
  • Enhancing your self-awareness and teaching you about your triggers.
  • Track your progress as you undergo treatment (Star, 2018).

 Through mechanisms like those listed above, journaling has been shown to:

Reduce anxiety in patients with multiple sclerosis (Hasanzadeh, Khoshknab, & Norozi, 2012).

Reduce physical symptoms, health problems, and anxiety in women (LaClaire, 2008).
Help students manage their stress and anxiety and improve their engagement and enhance meaning found in the classroom (Flinchbaugh, Moore, Chang, & May, 2012).

Okay, you know what is benefit of journal but you absokutlly ask to your self how and waht is effective of journal

How to journal

Try these tips to help you get started with journaling:

Try to write every day. To encourage yourself to write in your journal regularly, set aside a few minutes every day.

Make it easy. Keep a pen and paper handy at all times so that when you want to jot down your thoughts, you can. You can also keep a journal in a computer file.

Write whatever feels right. Your journal doesn’t need to follow any particular structure. It’s your own private arena to discuss whatever you want. Let the words flow freely without worrying about spelling mistakes or what other people might think.

Use your journal as you see fit. You don’t have to share your journal with anyone. If you do want to share some of your thoughts with trusted friends and loved ones but don’t want to talk about them out loud, you could show them parts of your journal.

Keeping a journal helps you establish order when your world feels like it’s in chaos. It helps you get to know yourself by revealing your innermost fears, thoughts, and feelings. Look at your writing time as personal relaxation time, a time when you de-stress and wind down. Write in a place that’s relaxing and soothing—maybe with a cup of tea. Look forward to your journaling time, and know that you’re doing something good for your mind and body.
What is Effective Journaling?

Effective journaling is a journaling practice that helps you meet your goals or improves your quality of life. This can look different for each and every person, and the outcomes can vary widely, but they are almost always very positive.
Journaling can be effective for many different reasons and help you reach a wide range of goals. It can help you clear your head, make important connections between thoughts, feelings, and behaviors, and even buffer or reduce the effects of mental illness!

Conclusion
I dare say that journaling is one of the most important things to do in your life. If done effectively, it will change everything in your life for the better.

  • You’ll become the person you want to be.
  • You’ll design the life you want to live.
  • Your relationships will be healthier and happier.
  • You’ll be more productive and powerful.

Enjoy. 😁
Ready to Upgrade?

I am not typical journaling person, but today I gonna start to journaling my activity and some point  I think really important to write on  my book

So After one week I gonna share what is benefit journal for me

Berteman Dengan Rindu

Kubentangkan hayal diujung malam

Melihat bayangan-bayangan semu dibalik cahaya rembulan

Ingin ku tersenyum tetapi seperti ditahan

Ingin ku menghibur tetapi malam tetap dihinggapi kesunyian

Dan tinggalah rindu yg bersemayam dikalbu

Lara dihati masih terasa

Walau bertahun sudah terbilang masa

Kumasih disini berteman sepi

Diam ku terus terpaku

Lara dihati coba ku Rajut

Tapi

Percuma saja

pedihnya hati selalu datang menghujam

Kubiarkan diriku berteman dengan Rindu

Self-Confidence Action Plan

#justimformation


Kali ini gue hanya ingin berbagi tulisan dari Abang Hereford, tentang Kepercayaan diri yang dimana artikel ini sangat bermanfaat bagi gue yg suka krisis kepercayaan diri. Hopelly you bermanfaat buat kalian semua 😁 Happy Readig

By Z. Hereford

While it is wonderful and absolutely necessary to possess personal confidence or self-confidence, is it possible to have too much?

Believe it or not, yes!

Even as most people lack enough confidence, or possess a positive self-image, there are those who overestimate their capabilities, are over optimistic, take on too much risk and end up crashing and burning.
So why am I even bringing this up?
The answer is, because in order to build true/genuine self-confidence, your self-image must be founded in reality. You must know who you are. You must have a realistic evaluation of your abilities and you must commit to continued self-improvement. Add to that learning to maintain focus, motivation and persistence, and you’re on your way!
A good way to build and maintain your self-confidence and stay focused is to set up a program or action plan for yourself. Here is an outline of how you can go about it. You can customize it to your own needs or you can follow the steps as I’ve presented them.
Self-Confidence Action Plan

1. Become aware

Know who you are and what you want. As has been said so many times – “If you don’t know where you are going, how will you know when you get there?” Take the time to figure out what your strengths, aptitudes and capabilities are and how you can to best use them to achieve personal satisfaction and fulfillment. Draw up a chart or excel spreadsheet outlining your strengths, what you enjoy doing, and how you can establish goals. List the things you’d like to do and what you have to do to accomplish them.

For example

Strengths      Personal Abilities Physical Abilities      Interests

reliable         good memory         coordinated                 basketball

loyal         artistic                        good stamina                 play guitar

friendly         musical                       quick reflexes                writing

trustworthy good writer              good runner               computers

Some possible goals based on the above set of talents and capabilities might be:

  • To stay physically fit by joining a local basketball league
  • Teach guitar lessons at the local YMCA/YWCA
  • Start a blog on any one of interests to improve writing skills
  • Join Toastmasters network and develop speaking skills

If you don’t take action or set goals, but just flail about aimlessly without purpose or focus, it won’t take long before you become disillusioned and hopeless. Those who are self-confident know what they want and they work at getting it

2. Motivate Yourself.

Self-confidence comes also from the ability to motivate yourself to achieve your goals. Of course, it’s easier to just procrastinate and find excuses for not putting in the effort to accomplish something. Unfortunately, this too leads to inertia, disillusionment and falling into a rut. One way you can stay on track and stay motivated is to set up a chart of must-do activities that include:30-40 minutes of exercise/jogging daily

  • practice guitar for 30 minutes, 3 times a week
  • write one article a week for blog
  • read articles and newspapers for ideas and to sharpen language  skills.

3. Take care of yourself

Even though relying on your physical appearance and good looks as a basis for  self-confidence is not a good idea, it is important to look and feel your best. This means staying healthy and fit, maintaining good grooming habits and making the most of what you have. Do some research on the best styles and colors for your body type. If you need help, there are many men’s and women’s fashion magazines that can give you some great ideas. The Internet is also a helpful resource for finding the latest trends and styles. Pay attention too, to your attitude. How you walk, talk, and conduct yourself significantly reflects how you feel about yourself. A good personality, a neat and stylish appearance and a smile on your face can take you a long way towards success in career, relationships and personal accomplishment. 

4. Develop Your Mind. 

And then keep developing it! Not only will people find you interesting and someone who contributes to their own knowledge and awareness, you will keep your brain sharp and active.

People who get mentally lazy and don’t continue to challenge themselves throughout life are more prone to develop dementia, Alzheimer’s and other degenerative brain diseases as they age. Self-confidence will plummet!

Make it a point to do such things as:

  • readingbrain 
  • puzzles
  • playing games such as chess
  • staying informed of current events
  • learning about global issues
  • journaling
  • memorize people’s names
  • improve your vocabulary

5. Stay on Top of Things and Reinforce

Continue to assess and evaluate yourself. Self-confidence can rise and fall depending on what you’re doing with yourself. If you happen to slack off and choose not to keep improving, you will begin to feel uninspired and less confident. Even the most successful people in the world cannot, and do not, rest on their laurels because personal growth is a continuing process. Make sure, however that you do not to go overboard and put pressure on yourself to achieve. Learn to gauge yourself and balance striving to reach your goals with fun and recreation. 

Eksploitasi Bentuk Tubuh Wanita

Ini gue tulis udah lama banget di saat gue masih berada di zaman pencerahan dimana gue sering  banget ikut kajian feminis. Rencananya ni tulisan gue mau naro di salah satun mading di kampus, cuman ketika gue baca ulang kata-kata yg gue gunakan terlalu kasar jadi gue nyimpan aja nih tulisan sampai pada akhirnya kemarin gue menemukannya kembali

Tentu masing2 dirumah kita memiliki benda segi empat yg membuat orang rela meluangkan waktunya berjam-jam dideoannya. Sebuah benda berbentuk segi empat yang dimana kelebihannya kamu bisa menyatukan antara video dan audio sekaligus sehingga otak kita perlu terlalu jauh dalam melakukan sebuah imajinasi terhadap sebuah imformasi yg kita dengan.

Televisi

Tepat sekali !!!!!

Kalain mendapatkan dua juta rupiah  karna berhasi menebak jangan lupa hadia dipotong pajak (bercanda ya, emangnya ini kuis???)
Kalau tukul kembali ke laptop saya maunya kembali ke televisi

Tentu kita sering nonton tv, bisa ditebak berapa jam kamu meghabiskan waktu didepan tv??
Tanpa kita sadari ketika menonton sebuah acara talkshow, musik film, sinetrin atau apapun itu, pasti tidal terlepas dari yang namanya iklan

Kita sering disuguhkan berbagai macam produk baik itu untuk kebuthab rumah tangga, untuk perempuan untuk bayi dan masih banyak lagi produka yg ditawarkan.

Tapi sadarkah kita ketika melihat iklan yg ditampilkan itu yang menjadi modelnya itu perempuan??

Tidak masalah jika produk yang dijual memang singkron dengan model yang ditampilakn itu lumrah saja

Akan tetapi yg tidak kita sadari khususnya bagi perempuan sendiri yakni kadang kala produk yg ditampilakn itu tidak sesuai dengan modelnya, dan lebih parahnya lagi terdapat gerbagai macam iklan yg sadar ataupun tidak sadar itu mengekspliotasi bentuk tubuh dari perempuan
Mungkin kalian pada heran dengan penyataan diatas

Eksploitasi??
untuk menjawab rasa penasaran kalian terhadap pernyataan diatas saya akan menjelaskannya

Chek this out!!!!
 Dalam dunia periklanan banyak berbagai macam cara yang dilakukan oleh pemasang iklan agar mendapatkan perhatian dari calon konsumennya. Salah satunya adalah dengan cara mempergunakan perempuan, tidak bisa dipungkiri perempuan sering ditampilkan dalam iklan, meskipun terkadang kehadirannya terasa agak diada-adakan, yang kemudian membuat masyarakat menjadi berpikir negatif tentang perempuan.
Perempuan dijadikan objek utama dalam iklan dan dilakukan dengan cara mengeksploitasinya, baik eksploitasi dalam bentuk tubuh, ekspresi atau mimik wajah bahkan suara. Bentuk eksploitasi tersebut dapat kita lihat dalam media iklan

 Yang sering kita liat di tv. kerap kali perempuan dijadikan objek seksual, dimana tubuh perempuan dijadikan alat untuk memancing daya tarik para konsumen. Serta mengeksplor bagian tubuh perempuan guna memanfaatkannya sebagai alat untuk menjual produk ataupun jasa yang di iklankannya.
Sudah banyak fakta yang membuktikan bahwa perempuan tidak luput dari dunia periklanan untuk dieksploitasi dan dijadikan objek utama. 

Contohnya :
1. Pada iklan cat avian

Dalam iklan tersebut, si perempuan menyibakkan rok dengan tinggi, sehingga sedikit memperlihatkan pakaian dalamnya ketika ia memastikan apakah roknya terkena cat atau tidak. Padahal inti dari pesan yang hendak disampaikan adalah cat Avian lebih cepat kering.
2. iklan minumam “kopi susu ya”

Dalam iklan ini diperlihatkan bagaimana keseksian tubuh Julia Peres, dan ada beberapa laki-laki yang melihatnya langsung jatuh hati. Pesan yang disampaikan dalam iklan ini yaitu minumam kopi susu yang sangat enak, dengan menampilkan goyangan dan ekspresi Julia Peres yang terbilang s**y. Pesan mungkin tersampaikan, tetapi penggunaan model dan skenario untuk menyampaikan pesan tersebut bagi kami kurang tepat sehingga menimbulkan unsur-unsur seksualitas.
3. Iklan mobil

Sebuah iklan mobil BMW dengan wanita berbikini paling tipis yang mereka sebut “tanga” atau “g-string”. Dia berdiri di depan mobilnya, dan tertulis di bagian bawah,

“Test-drive her now” (Silakan test-drive dia sekarang!)

“Her”  danPada iklan  ini penonton seolaholah harus membandingkan mana yang lebih seksi, bentuk mobilnya  atau lekuk tubuh dari modelnya?

4.Produknya sih pompa air, 

Iklan pompa air Shimizu yang sarat dengan bumbu seksual ini dimulai dengan seorang wanita yang mengenakan pakaian tidur dan memperlihatkan belahan dadanya sembari berkata pada seorang lelaki di dekatnya, ““Kalo nggak mancur terus kapan enaknya..”. Lalu si wanita s*** itu berjalan di pertokoan dengan pakaian m**** yang s***** dan mampir di sebuah toko pompa air. Dalam percakapan antara wanita itu dengan penjual pompa air, terdengar kalimat-kalimat yang menjurus ke hal-hal yang tidak s*****.

Tidak berhenti sampai di situ, iklan Shimizu masih memperlihatkan wanita dengan tank top dan celana gemes yang s***. Sambil bergoyang e**** memperlihatkan kemolekan tubuhnya, si wanita mengucapkan kalimat-kalimat berbau s*** seperti, “… Sedotannya kuat, semburannya kenceng”.  Dan puncaknya, iklan pompa air Shimizu diakhiri dengan adegan wanita yang basah kuyup dan terdengar kata-kata “Basah, deh..”.
5.Axe,

merek deodoran yang kerap menampilkan perempuan dengan pakaian minim dan sikap yang manja sekaligus menggoda di iklan-iklannya.
6.Close up

Sering kita lihat ikalan dari pasta gigi ini menghadirkan sosok perempuan yg cantik dan ekspresi yg menggoda bagi kaum laki serta menampilkan adengan yg sangat mesra antara perempuan dan si laki2nya
Oke, itulah beberapa iklan yg dapat menjawab pertnayaan kalian dari awal tentang eksploitasi bentuk tubuh perempuan. 

Mumgkin kita baru ngeh setelah mambaca contonya. Atau justru mungkin kita beranggapan itu lumrah2 saja. Itu tergantung daei kita bagaiaman memandang sirptuasi ini.
Kita lupakan dulu perbedaan pendapat yg mungkin saja yg mucul, tapi kata2 dibawa ini mungkin menjadi bahan renungan bagi saya, kamu dan kita sebagai perempuan
“Jika dahulu kala, wanita disimpan untuk memuaskan pria, kini ia dipajang dalam iklan untuk memuluskan komoditas yang dipasarkan, bahkan tak jarang wanita itu sendiri telah menjadi komoditas yang diperdagangkan. Bukankah mobil mulus akan terlihat lebih indah jika diduduki wanita mulus? Bukankah rokok akan lebih laris jika dijajakan oleh wanita yang menantang? Tidakkah minuman akan lebih menarik jika memperlihatkan seoran wanita? Begitulah, dengan kemasan yang apik, para pencipta citra dan pelaku bisnis memanfaatkannya”

-unknow
“Ironisnya, kaum perempuan yang menjadi objek dalam media massa tersebut sering tidak sadar jika sedang menjadi bahan eksploitasi dari pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya. Dan justru berdali hal tersebut adalah suatu bentuk kebebasan dalam berekspresi dan Bahkan dengan banga mereka berkata, ”Kenapa harus menutup-nutupi kalau tubuh saya memang sexy.”

-unknow
Sepenggal puisi karya Aril Hariyanto dibawah ini adalah ungkapan keprihatinan atas ekploitasi terhadap perempuan oleh media massa.

 “DI NEGRI KAMI TUBUH PEREMPUAN BUKAN MILIK PEREMPUAN

DADA DAN PAHA SUDAH DIJATAHKAN

BUAT BIRO IKLAN DAN WARTAWAN

VAGINA DAN RAHIM ADALAH LAHAN RESMI

PROYEK NASIONAL 

6 Agustus 2018

#jurnal

Hari ini gue baca buku, sebenarnya ini buku Bokap (Buku ini udah lama mejeng di rak buku , tapi baru tertarik bacanya sekarang), kalau diliat tahun terbitnya udah 13 tahun yang lalu, cuman pada saat gue baca part awalnya menurut gue masih nyambung dan sesuai dengan kondisi Indonesia sekarang.

Judul : Filsafat Pendidikan
Penulis : Suparlan Suhartono, M.Ed., Ph.D.
Penerbit : Ar-Ruzz Media
Tahun Terbit 2006
Dalam buku ini terbagi dalam VIII Bab + Bab Pendahuluan “Krisis Kehidupan”

Gue baru baca bab Pendahuluannya dan menurut gue sangat menarik. Jadi gagasan yang disampaikan penulis perlu gue catat baik2 dan mungkin bisa bermanfaat jika gue share ke kalian semua. 
Berikut Rangkuman yang disampaikan dalam Bab Pendahuluan ini

Kebangkrutan Ekonomi

Puncak Industrialisasi abad ke 21 ditandai  dengan semakin kukuh dan tegaknya Filsafat Hidup ‘Positivisme-Materialistik dan gaya hidup ‘Ekonomi-Kapitalistik’.

Perilaku manusia berkecendrungan memperoleh kekayaan material sebanyak mugkin melalui jalan manapun. Filosofi hidup demikian bisa tegak karena didukung oleh jalan lahan subur berupa ‘kepadatan penduduk duni’ dan asumsi kekurangan pangan. Hal itulahlah yang mendorong ekonomi perdagangan menjadi jalan utama kehidupan masyarakat dunia yang sarat dengan persaingan baik secara individual maupum sosial. Moralitas persaingan mendorong sistem ekonomi ‘kapitalistik’ yang cenderung memonopoli barang2 produksi sampai menakisme pasar. Dengan sprit Kapitalistik, produsen melakukan kegiatan produksi dengan keuntungan yang sebesar besarnya. Sedang konsumen terjebak dalam sikap dan perilaku mengonsumsi dan memakai barang2 produksi.

Hubungan demikian pun terkesan logis dan tidak ada kesalahan. Pada titik ini kedua belah pihak seolah-olah saling mendapatkan keuntungan, sehingga mereka terikat dalam Romantika kehidupan. Dibalik Romantisme Ekonomi kapitalis sesunguhnya membentuk sikap dan perilaku ‘serakah’ dari produsen dan konsumen ketergantungan kepada produsen yang mendorong sikap dan perilaku ‘malas’ dan tidak kreatif.
Ekonomi tidak cukup hanya dipelajari secara ilmiah teoritis saja, melainkan perlu didikkan dan dibudayakan didalam perilaku moral 
Sebenarnya ada banyak point yang penulis share ke pembacanya cuman gue lebih tertarik dunia Ekonomi maklum gue anak Ekonomi 😊, hal yang menarik dari apa yang gue baca adalah : 

Kita sebagai konsumen selalu didorong untuk membeli barang yan sebenarnya bukan sebùah kebutuhan akan tetapi dengan adanya rentetan iklan yg wara wiri di TV, sosial media, di jalan sehingga apa yg kita tangkap dari iklan tersebut adalah sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi maka lambat laun jadilah kita manusia yg konsuntif

Entah kalian mengerti dengan apa yg gue share, cuman gue baru ngeh dengan perilaku konsumtif ketika belajar Manajemen Pemasaran dan bukan hanya itu gue juga juga baru sadar ttg perbedaan Kebutuhan dan Keinginan


Belajar Ngaji? Why Not

Gue sangat exited banget nulis post ini dan berharap kalian bisa ngerti apa yang gue sampaiiin. Karna gue kadang2 nulis nggak nyambung dan nggak jelas

Oh my good gue nggak tau harus mulai dari mana nih, terlalu banyak hal yang  ingin gue sampaiin (kata2 nya udah bejibun di otak gue tapi ngue nggak tau kata yg harus gue gunakan untuk menyampaikannya dengan mudah dan bisa dimengerti)
Karna gue bukan Ustadzah jadi gue nggak bisa nyampaiin pentingnya Alquran buat kita (kalau mau penjelasan silahkan cari video ceramah Ustad Nauman Ali khan menurut gue, keren banget dan buat gue berfikir beribu kali dan merasa benar2 okay Aku harus pelajari Al Qur’an)
Karna ketertarikan itulah gue mau mulai dari basic (gue mau upgrade cara ngaji gue, yang dulunya biasa-biasa aja), yakni belajar Makhraj, karna penyebutan gue masih amburadul
 N.B

Gue punya trik untuk kalian semua yg pada malu belajar Al Quran karna udah berumur kayak gue 😀

Karna gue nggak ngerti masalah Makhraj Hur, sifat huruf, apalagi tajwid (gue nol banget), jadi sekarang ini gue lagi luangin waktu dipagi hari untuk belajar sedkit demi sedikit untuk belajar dasar yg paling dasarnya agar supaya kalau gue udah belajar sama guru secara face to face gue nggak malu dan bisa ngerti cepat (jadi disangkanya loe pintar sekali ajar doang udah paham, apdahal gurunya belum tau apa yg telah gue lakuiin dibelakang hahaahahah, licik banget yaaaa)

Yg jadi penghalang orang dewasa/berumur  untuk belajar dari awal itukan umur, jadi gue kasi loe tips (kalau kalian punya tips silahkan komen guyss). Kadang loe malu sendiri kalau buka Alqura an baca terbata-bata tapi malu untuk belajar lagi ataupun pesimis aja udah.

Yaaa gue udah tua, takdir gue mungkin udah kayak gini.

Hi guysss jangan pesimis, mau umur lo tua kek, mudah kek kalau hati loe mulai terdorong untuk belajar silahkan lanjutkan jangan malu (bodo amat dengan perkataan orang2). Gue awalnya juga malu untuk memulai belajar Makhraj. Belajar Makhraj?? Seriouslly? Diumur gue udah kayak gini?? Pelajarannya dasar paling dasar banget, gue kalah sama anak SD. Tapi seiring berjalan waktu BODOH AMAT mau gue udah tue kek apa urusannya kalauu gue mau belajar yg ini
Masalah??
Nggak kan, jadi diam aja deh 😁😂

Gue berharap banget, ngaak usah malu untuk memulai sesuatu yg kecil, dan jangan lupa Mulaila sesuatu yg baik dengan Bismillah. (Silahkan Cari videonya Ustad Nouman Ali Khan tentang Bismilah, kalian akan ngerti)

Catatan 

Jika seandainya tulisan gue dibaca sama guru ngaji, tolonglah jangan buat calon anak murid anda yg mungkin udah tua menjadi pesimis
Dengan mengatakan, dari mana aja enteh, baru belajar sekarang, ngga malu sama anak kecil.

Please dont say that.